Tuesday, July 7, 2009

Tips Mengatasi Imsomnia

Insomnia dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. bBoleh dikatakan setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. Bahkan ada yang lebih ekstrim menyebutkan 30 – 50% populasi mengalami insomnia.

Insomnia dapat menyerang semua golongan usia. Meskipun demikian, angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini mungkin disebabkan oleh stress yang sering menghinggapi orang yang berusia lebih tua. Disamping itu, perempuan dikatakan lebih sering menderita insomnia dibandingkan dengan lelaki.

Berikut beberapa tips yang boleh dilakukan untuk mengurangi serangan insomnia.

  1. Bersukan dengan teratur:- Beberapa penelitian menyebutkan bersukan yang teratur dapat membantu orang yang bermasalah dengan tidur. Bersukan sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukannya menjelang tidur. Dengan bersukan, kesehatan menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.
  2. Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur.:-Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan kerap buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur.
  3. Tidurlah dalam suasana yang nyaman:- Saat tidur, matikan lampu, matikan hal- hal yang menimbulkan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu bilik tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan kerana itu dapat mencemaskan kerana belum dapat lelap sementara jarum jam makin larut.
  4. Kurangkan minuman yang yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi juga merokok. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga yang tentu saja tidak anda perlukan bila anda ingin tidur.
  5. Makanlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.
  6. Mandilah dengan air hangat sejam atau 1/2 jam sebelum tidur. Mandi air hangat akan meerangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketegangan badan.
  7. Hentikan menonton TV, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur.
  8. Gunakanlah bilik tidur khusus untuk tidur. Hal ini akan membantu badan menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat berbaring di tempat tidur, akan timbul rangsangan untuk tidur.
  9. Lakukan aktiviti relaksi secara rutin. Mendengarkan musik, melatih pernafasan, membaca quran dan lain-lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempemudah untuk tidur.
  10. Jernihkan pikiran dan nyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran.
  11. Tidur dan bangunlah dalam jangka waktu yang teratur setiap hari. Jadual waktu tidur yang kacau akan mengacaukan lagi waktu tidur selanjutnya.

Demikianlah tips mengurangi masalah tidur. Selalulah ingat bahwa tidur merupakan keperluan utama tubuh untuk pertumbuhan dan memperbaiki fungsi organ yang terganggu. Insomnia bukan merupakan penyakit bawaan dan dengan demikian tentu akan mudah disembuhkan.

Jika dengan langkah diatas anda masih merasa gagal mengatasi masalah tidur, segeralah berjumpa doktor untuk mencari jalan keluar.

MINUMLAH SUSU KOLOSTRUM ALPHA LIPID LIFELINE YANG MENJADI PILIHAN ORANG BIJAK SEBELUM MASUK TIDUR.

Lebih Segar Berkhasiat dengan Alpha Lipid

Lebih Segar Berkhasiat dengan Alpha Lipid

No comments:

Post a Comment