Friday, September 11, 2009

Larangan ciuman akibat Flu Babi



No Kissing

Di Perancis, pihak berkuasa mendesak rakyatnya supaya tidak berciuman. Langkah ini diambil karena setiap minggu terdapat 20 ribu kes baru flu babi.

Pihak berkuasa bahkan meminta agar tidak berjabat tangan, sementara di sejumlah wilayah cium pipi sebagai salam pun dilarang.

Selama ini disaat jam makan tengahari , Paris yang dikenal sebagai kota cinta dan semua orang nampaknya sedang dalam perasaan penuh cinta. Tetapi rasa sayang Perancis ini sekarang terancam.

Akibat flu babi menyebar dengan cepat di negara itu, pihak berkuasa Perancis mengeluarkan peringatan kesihatan: berciuman menyebarkan virus dan harus dihindari.

Banyak sekolah dan tempat kerja yang kini melarang cium pipi yang merupakan tanda salam tradisional Perancis. Satu badan pengawas flu mengumumkan di negara itu setiap minggu terdapat 20 ribu kes baru flu babi.

Angka itu dipersoalkan oleh jabatan kesihatan, tetapi saluran telepon khasnya masih menyarankan agar jabat tangan dan saling meraba harus dihindari.

Akan tetapi warga Perancis tampaknya tidak mengendahkan peringatan itu. Satu amalan sosial yang tidak berbahaya atau ciuman yang membawa maut. Pemerintah Perancis pun tidak mau mengambil risiko, dengan mensarankan agar ada zon penyangga sejarak satu meter di antara yang sehat dengan yang terjangkit flu babi.

( Sumber BBC)

***********

No comments:

Post a Comment